Kuliah Perdana Maret 2010

Kuliah Umum Program S2 dan S3 Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Sebagai Pwembicara oleh Dr. Ir. Jayamurni Wargadalam,Msc dan Dra. Ari Wijayanti, MM More »

Kuliah Umum

Seminar Strategi Penanggulangan Bencana Alam Keairan dalam Rangka Dies Natalis UNDIP ke-55 dengan Pembicara Dr.Ir. Subandono Diposaptono, M.Eng dan Dr.Ir. Moh. Hasan, Dipl.HE More »

Ujian Promosi Doktor Teknik Sipil Ir. Pranoto Samto Atmojo, Dipl.HE, MT

Ujian Terbuka Promosi Doktor Teknik Sipil Ir. Pranoto Samto Atmojo, Dipl.HE, MT pada Hari Sabtu Tanggaql 29 September 2012 More »

Kuliah Umum dan Seminar Program Doktor Teknik Sipil

Kuliah Umum dan Seminar Program Doktor Teknik Sipil dengan Tema Menuju Penanggulangan Bencana Secara Terpadu dan Berkelanjutan, dengan Pembicara Dr. Syamsul Maarif, M.Si dan Dr.Ir. Hermanto Dardak, M.Sc More »

Kuliah Perdana Program S2 dan S3 Teknik Sipil

Kuliah Perdana Program S2 dan S3 Teknik Sipil Bersama Ir. Sumaryanto Widayatin, M.Eng.,Sc dan Prof. Dr. Ir. Bambang Suhendro More »

 

Aktifitas Perkuliahan

1. Kuliah Perdana

Kuliah perdana dilakukan pada awal masa perkuliahan semester I dengan menghadirkan dosen-dosen dari luar (guest lecture). Hal ini untuk lebih ditekankan dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa secara lebih luas dan dari bidang-bidang teknik sipil atau bidang lain yang relevan dengan minat penelitian mahasiswa.

2. Perkuliahan

Perkuliahan wajib bagi mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil UNDIP terdiri dari 2 (dua) semester dengan beban total 20 sks. Bagi mahasiswa yang bukan dari bidang teknik sipil diwajibkan mengikuti kuliah tambahan satu semester dengan beban minimal 12 sks (semester 0).

3. Seminar Mahasiswa

Seminar mahasiswa dilakukan setiap minggu dan merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkondisikan mahasiswa pada suasana ilmiah dari pengumpulan informasi (buku, jurnal, data dan komunikasi ilmiah) yang diarahkan pada topik-topik yang relevan dengan penelitiannya, studi literatur, perumusan permasalahan, dan pembuatan proposal penelitian disertasi. Dalam seminar ini mahasiswa diwajibkan mempresentasikan permasalahan yang relevan dengan topik penelitiannya di hadapan mahasiswa lainnya serta dibimbing (dibahas) oleh dosen pembahas seminar (Promotor, Co-Promotor, atau dosen lainnya). Masukan-masukan yang diperoleh selama seminar ini akan menjadikan umpan balik perbaikan pada proposal penelitian disertasi mahasiswa tersebut.

4. Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil supaya memfasilitasi, mendorong dan meningkatkan kebiasaan ilmiah tetap dijiwai oleh mahasiswa. Dalam hal ini, mahasiswa diwajibkan mempunyai publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi nasional satu paper tiap semester. Publikasi ilmiah dapat juga berupa paper yang disajikan di seminar nasional yang diselenggarakan oleh organisasi profesi.

5. Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Penelitian dan pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan beberapa institusi. Program studi Doktor Teknik Sipil UNDIP telah menjalin kerjasama dengan Laboratorium Penelitian Pantai BPPT, PT Gunung Garuda yang bergerak dalam bidang industri baja, Pemerintah Kabupaten Sragen, Bapekin Departemen Pekerjaan Umum dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>